Minggu, 02 September 2012

All About Mozilla Firefox (Add-ons, & Scripts,)

Firefox adalah browser internet ciptaan Mozilla, sebuah organisasi non-profit.
Sebelum rilis versi 1.0-nya pada 9 November 2004, Firefox telah mendapatkan sambutan yang sangat bagus dari pihak media, termasuk dari Forbes dan Wall Street Journal. Dengan lebih dari 5 juta download dalam 12 hari pertama rilisnya dan 6 juta hingga 24 November 2004, Firefox 1.0 adalah salah satu perangkat lunak gratis, sumber-terbuka (open-source) yang paling banyak digunakan di antara pengguna rumahan.

Di antara fitur populer Firefox adalah pemblokir pop-up yang sudah terpasang di dalamnya, dan sebuah mekanisme pengembangan (extension) untuk menambah fungsionalitas tambahan. Meskipun fitur-fitur ini sudah tersedia untuk beberapa lamanya di browser-browser lainnya seperti Mozilla Suite dan Opera, Firefox merupakan browser pertama yang mendapatkan penerimaan dalam skala sebesar ini.

The latest Firefox features include tabbed browsing, spell checking, incremental find, live bookmarking, a download manager, private browsing, location-aware browsing (also known as "geolocation") based exclusively on a Google service and an integrated search system that uses Google by default in most localizations. Functions can be added through extensions, created by third-party developers, of which there is a wide selection, a feature that has attracted many of Firefox's users.





English | Indonesian



English | Indonesian | CCPB version


FUTURE RELEASE





A. APA ITU ADDONS?
Pengaya tambahan yang bisa diinstal tambahan untuk proyek-proyek Yayasan Mozilla. Pengaya memungkinkan pengguna untuk menambah atau menambah fitur-fitur aplikasi, menggunakan tema sesuai dengan keinginan mereka, dan menangani jenis materi yang baru.

Tipe-tipe add-ons:
Ekstensi
Ekstensi dapat digunakan untuk memodifikasi perilaku fitur yang ada ke aplikasi tersebut atau menambahkan fitur yang sama sekali baru. Ekstensi sangat populer dengan Firefox, karena pengembang Mozilla berniat untuk mengembangkan browser menjadi aplikasi yang cukup minimalis untuk mengurangi bug, sementara tetap fleksibilitas, sehingga pengguna individu dapat menambahkan fitur yang mereka inginkan.

Plugin
Plugin umum termasuk Acrobat Reader, Flash Player, Java, Quicktime, RealPlayer, Shockwave, dan Windows Media Player.

Persona
Skin tambahan yang dapat dipasang untuk add-on Anda.

Tema
Berbeda dengan Persona yang hanya memberikan latar belakang bergambar untuk Menu Bar browser Anda, tema biasanya juga merubah tombol2 atau button pada browser Anda.


B. MAU TAU LEBIH LANJUT TENTANG SCRIPT?
Script yang membuat perubahan pada halaman web tertentu di sisi client (di browser atau server proxy) biasanya untuk mengubah penampilan mereka atau untuk menambah atau memodifikasi fungsi.

Script berbeda dengan add-ons. Untuk meng-install script, Anda terlebih dahulu harus meng-install GreaseMonkey atau Scriptish.
Secara umum script lebih ringan dari add-ons karena script baru di-load setelah kita membuka web/situs di mana script tersebut bekerja.
Anda bisa cari banyak script2 penting dan berguna di userscripts.org (uso).

Membuat script bukan hal yang mudah, memerlukan pengertian mendalam akan coding dkk, waktu, energi, dan kemauan. Membuat script tidak dibayar, seringkali script author harus meluangkan waktu khusus untuk me-maintain script-nya (apabila ada bug atau perubahan di situs yang dituju) karena itu HARGAILAH SCRIPT AUTHOR. Jangan sekali2 mengaku-aku script itu sebagai karya Anda dan/atau meminta imbalan atas script yang tidak Anda kerjakan sama sekali.



THANKS TO:
thiaz4rhytem (old TS); idoenklinuxer, rafh, rafic, Piluze, s4nji, Rh354, sidqy89, eric., ketang7keting / ketang6, BukanDewa, hermawan64, otnaibef / if.on.a.bet, amhsby, atoue, b3g0/t0g3, slifer2006, fathanbeje, takut.patahhati/takut.sendirian, skycreeper, Leomate dkk (@ http://www.kaskus.co.id/misc.php?do=whoposted&t=3170414 ; @ http://www.kaskus.co.id/misc.php?do=whoposted&t=8689106)
 
Must Have Add-ons in Your Firefox

  AdBlock Plus
Code: https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/adblock-plus/

Berselancar di dunia maya bebas dari iklan2 yang mengganggu! 
Add-on ini bukan menyembunyikan iklan (diam-diam ter-load di background) tapi iklan yang ada benar-benar tidak di-load.
Jangan lupa subsrcibe ABP Indo untuk iklan2 di situs dalam negeri. Sandingkan dengan  AdBlock Plus Element Hiding Helper untuk membantu menghilangkan gambar2 yang tidak Anda inginkan, semisal: DP, longcat, dsb dan  AdBlock Plus Pop-up Add-on untuk memblok pop-up2 iklan yang mengganggu

Cara menambahkan filter subscription:
ABP >> Preferences >> Filters >> Add Filter Subscription.
Bila filter yang Anda inginkan (ABP Indo misalnya) tidak ada di daftar yang ditampilkan, klik Add a different subscription.

Spoiler for : 1 pics inside (max: 567x161)




  Ghostery
Code: https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/ghostery/
Lindungi privasi Anda. Jangan mau di-track oleh para situs2


  GreaseMonkey
Code: https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/greasemonkey/
Mengkustomisasi situs-situs menggunakan Java script (perlu di-install terpisah, cari di Userscripts.org)

CARA EDIT: Klik kanan di GreaseMonkey >> Manage Script >> Klik kanan di script >> Edit >> Buka dengan Notepad (C:/Windows/notepad.exe)

Alternatif lainnya bisa pakai Scriptish atau LubeMonkey.


  Download StatusBar
Code: https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/download-statusbar/
Download ditampilkan di window kecil lain? Sudah nggak jaman! Integrasikan dowload tab-mu ke Firefox dengan add-on yang sederhana tapi berguna ini

  DownThemAll!
Code: https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/downthemall/
Download manager yg sangat berguna & mumpuni. Resumable untuk situs2 yang mendukung, bisa atur kecepatan download (jadi browsing dan download bisa dilakukan bersamaan), bisa antri download, bahkan bisa batch download (untuk komik misalnya )

  FlashGot
Untuk menghubungkan IDM dan Firefox bila tidak ingin pakai 'Advanced Browser Integration'. (Karena seringnya mengakibatkan FF hang/freeze sejenak krn sibuk me-load link2 yg ada atau otomatis mengambil link2 yg ada & menanyakan apakah mau download)


IDM CC
Ekstensi IDM untuk Firefox


Multifox
Punya banyak ID kaskus? Susah inget banyak password? Butuh kirim cendol/bata beberapa ID sekaligus? Multifox solusinya.
A lot better than CookieSwap, Multifox 2 beta bisa membuka tab berisi identitas yang berbeda hanya dalam 1 jendela browser. Ngaskus atau fesbukan can't get any better than this!

CARA PAKAI: Logout dulu semua website yang dalam keadaan login, kemudian login biasa. Multifox akan secara otomatis membuat profil baru.


  NoScript
code: https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/noscript/
Berselancar di dunia maya dengan aman. Allow active content to run only from sites you trust, and protect yourself against XSS and Clickjacking attacks.


  Flashblock
Mem-blok konten2 flash di website (tidak di-load sama sekali). Cocok bagi pengguna internet dengan kuota

  Firebug
Mengedit tiap halaman website bagaikan web developer. Terdapat tool untuk edit, debug, dan memonitor CSS, HTML, dan Java Script.


  FireGesture
Add-on ini memungkinkan kita menyetel gerakan mouse tertentu bisa diasosiasikan dengan perintah tertentu. Misal bila kita menggerakkan mouse bentuk 'Z' maka pindah ke page selanjutnya, dsb.


  Stylish
Mirip seperti GreaseMonkey, tapi script2 yang ada lebih ditujukan untuk mendadani atau merubah penampilan suatu situs

  Web Of Trust
Ketahui situs2 berbahaya mana yang perlu kamu hindari dari add-on ini. Rating ditampilkan di toolbar juga di Google


  X-Marks bookmark
Add-on bookmarks paling mantap. Meski kamu punya banyak PC, kamu bisa mengakses bookmarks-mu dari macam2 tempat.


  Cool Previews
Tertarik dengan judul2 trit yang menarik di The Lounge? Khawatir isinya ternyata geje?  Pake aja CoolPreviews. Menampilkan isi link dan image tanpa meninggalkan tab-mu yang sekarang sedang dibuka.


Thumbnail Zoom Plus
Menampilkan zoom image dari suatu thumbnail yang terdapat di berbagai situs ternama spt: Facebook, Twitter, Flickr, dll.


Img Like Opera
Cocok yang pakai koneksi ber-quota. Takut reload gambar yang enggak penting yang bikin quota cepet abis? Add-on ini lebih lengkap dari image setting bawaan MozFo 4, ada 4 pilihan :
- Dont load images
- Load cache images only
- Load images for this site only
- Load all images


  InfoLister
Mendaftar add-on, script, dan plugin yang ter-install di Firefox Anda, memudahkan kalau mau bertanya di trit ini, kenapa add-ons A/script B tidak berjalan

  BBCodeXtra
Menambahkan pilihan BB code di context menu (klik kanan di halaman web) yang hanya bisa berfungsi di forum saja


  BB Code
Add-on untuk BB Code lainnya. Dikembangkan oleh MrTech.


  TextLink
Bila menemui alamat website yang tidak otomatis menjadi link, dobel klik aja maka akan membuka di tab baru. Sangat mempermudah browsing!


Copy Link URL
Kopi URL dari teks-teks yg kamu pilih ke clipboard.


  FEBE
FF sering crash? Pengen inul? Butuh inul OS? Khawatir semua bookmarks, scripts, dan add-ons hilang? Backup aja pake FEBE!


MozBackup
Alternatif lain untuk backup Firefox Anda 

 
Must Have Scripts

keterangan silakan cek di TKP masing2


Userscripts Updater
!! ATTENTION !!
Install script ini terlebih dahulu sebelum meng-install script2 lainnya. Nantinya kalau Anda ingin mencari tahu apakah ada update untuk script2 Anda, tinggal ke Userscripts.org dan klik Update Script.




Google MonkeyR

Google Enhanced Black

Google Images - Direct Links

Google Search Filter Plus

Google Hit Hider

Google Pirate v2 Extended

Google+ Tweaks

Google Translator Tooltip


FFixer+ by GreatMarko


Code: http://pastebin.com/raw.php?i=NSMYcYxA

FB Purity


Code: http://www.fbpurity.com/install.htm

Better Facebook


Code: http://userscripts.org/scripts/show/61761

Facebook Clean My Wall


Code: http://www.cleanmywall.net/
CARA PAKAI: Baca di sini.


Faceboook Switch Accounts


Code: http://userscripts.org/scripts/show/63761

Facebook Chat Emoticons Bar


Code: http://userscripts.org/scripts/show/50826

Facebook Old Chat Sidebar


Code: http://userscripts.org/scripts/show/123164

Facebook Deletes


Code: http://userscripts.org/scripts/show/43404

Facebook Friends Checker


Code: http://userscripts.org/scripts/show/40027

Facebook Unfriend Finder


Code: http://userscripts.org/scripts/show/58852



YouTube Video Download


Code: http://userscripts.org/scripts/show/62634

YouTube Enhancer


Code: http://userscripts.org/scripts/show/33042

YousableTubeFix


Code: http://userscripts.org/scripts/show/13333

YouTube HD Suite


Code: http://userscripts.org/scripts/show/39167

YouTube Auto Buffer, Auto HD, Remove Ads


Code: http://userscripts.org/scripts/show/49366



@troynt's Twitter Script
Code: http://userscripts.org/scripts/show/40617

Nested Twitter Replies


Code: http://userscripts.org/scripts/show/30598

TwittSeven


Code: http://userscripts.org/scripts/show/43246

Twitter Remove Non-Followers


Code: http://userscripts.org/scripts/show/45770

Twitter Friends & Followers Bios at a glance


Code: http://userscripts.org/scripts/show/38797

Twitpic Thumbailer


Code: http://userscripts.org/scripts/show/43603



rapid*share Download Delay Bypass
Code: http://userscripts.org/scripts/show/10380

Yet Another 4*shared!


Code: http://userscripts.org/scripts/show/139558

Movie Torrent Search Linker for IMDB, Rotten Tomatoes and Yahoo Movies


Code: http://userscripts.org/scripts/show/38484

hot*file..com Helper


Code: http://userscripts.org/scripts/show/68411

Direct Megavideo FLV Link


Code: http://userscripts.org/scripts/show/42944

IDWS Get Link


Code: http://userscripts.org/scripts/show/69049

IDWS Download Helper


Code: http://userscripts.org/scripts/show/79026

Maknyos Auto Link


Code: http://userscripts.org/scripts/show/91629

Mediafire auto-download


Code: http://userscripts.org/scripts/show/65655

Sobat Ganool


Code: http://userscripts.org/scripts/show/116122



LINK

W.A.R Links Checker
Code: http://userscripts.org/scripts/show/101707

Linkify Plus


Code: http://userscripts.org/scripts/show/1352

Anti-Disabler (Enable right-click and highlight)


Code: http://userscripts.org/scripts/show/30096

Mouseover Popup Image Viewer


Code: http://userscripts.org/scripts/show/109262


AdsFight!
Code: http://userscripts.org/scripts/show/89322

Better Caoliu


Code: http://userscripts.org/scripts/show/122991

Ads Skipper


Code: http://userscripts.org/scripts/show/118033

Add-ons dan Scripts yang Berkaitan dengan Kaskus
ADD-ONS:

Kaskus Menu


Code: https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/kaskusmenu-158853/
Akses cepat ke subforum2 di Kaskus dan beberapa fitur lain, seperti Send New PM, Edit Options, Edit Profile, dsb.
Di Firefox 4, supaya Kaskus Menu bisa tampak maka Menu Bar harus dicentang (View >> Toolbars >> Menu Bar)



Spoiler for : 2 pics inside (max: 518x375)





Kaskus Menu by Chaox


Code: http://win7indo.com/kaskusmenu@win7indo.com.xpi


Spoiler for : 1 pics inside (max: 518x606)



Kaskus Search


Code: https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/kaskus-search-157772/
Mencari topik atau thread di Kaskus



Spoiler for : 1 pics inside (max: 265x234)



Tooltip Kaskus


Code: https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/tooltipkaskus/
Menampilkan preview trit di Kaskus tanpa harus masuk ke trit yang dimaksud



Spoiler for Preview: 2 pics inside (max: 700x300)







SCRIPTS
Bisa diubek2 lebih lanjut di:


Code: http://userscripts.org/tags/kaskus?sort=rating
Kaskus Enhanced Post-Reply (KERP)


Code: http://userscripts.org/scripts/show/79879


Spoiler for : 1 pics inside (max: 320x216)



+ Image uploader
+ Smiley2 Kaskus Lengkap
+ Smiley2 Custom
+ Kursor langsung di kolom capcay
+ Enter dari kolom capcay = posting

Developer: idoenklinuxer



Kaskus V-Bulletin Thread Preview


Code: http://userscripts.org/scripts/show/94448
+ Preview thread tanpa harus masuk/buka thread itu
+ Reply langsung dari Thread Preview

Developer: idoenklinuxer


[
Kaskus Fixed Text Info Menu


Code: http://userscripts.org/scripts/show/66036


Spoiler for : 1 pics inside (max: 590x67)



+ Pilihan agar Info Menu tetap ikut saat kita scroll ke bawah
+ Pemberitahuan cendol pending/sudah matang

Developer: idoenklinuxer



Kaskus Quick Reply


Code: http://userscripts.org/scripts/show/80409 http://dev-kaskus-quick-reply.googlecode.com/svn/trunk/kaskus_quick_reply.user.dev.js --> BETA


Spoiler for : 1 pics inside (max: 600x367)



+ Quick reply feature bagai donatur
+ Macam2 BBcode (including: youtube, spoiler, transparent, no-parse, etc)
+ Image uploader
+ Custom smiley with grouping tab

Developer: idoenklinuxer



Kaskus V-Bulletin Rep Giver


Code: http://userscripts.org/scripts/show/65502


Spoiler for : 1 pics inside (max: 596x349)



+ Mengetahui pemberi rep
+ Mengetahui di post mana rep tersebut diberikan
+ Pemberi rep bisa terlihat keterangan ID & ava-nya.

Developer: idoenklinuxer



Kaskus (vBulletin) Thread Preview - recoded


Code: http://userscripts.org/scripts/show/94448
Preview vBulletin thread tanpa perlu buka thread-nya

Developer: idoenklinuxer



Kaskus Mobile Quick Reply



Code: http://userscripts.org/scripts/show/124194
Developer: relaxingrey



Quote:
!ATTENTION!
Harus digunakan bersama UA Control.
Keterangan cara pakai silakan ke TKP langsung.


Kaskus Spoiler Alert


Code: http://userscripts.org/scripts/show/73498


Spoiler for : 1 pics inside (max: 800x228)



+ Anti jebakan betmen
+ Expand & close all spoiler
+ Show original link

Developer: arifhn



Kaskus Fix-Obfuscator II


Code: http://userscripts.org/scripts/show/90164
+ Mengganti kata2 yang disensor di kaskus (4*shared, krack, pocongk, etc)
+ Anti jebakan betmen.

Developer: hermawan64



Kaskus X-Stripper


Code: http://userscripts.org/scripts/show/80871
+ Pembersihan segala jenis iklan
+ Memperwajar ukuran smiley + font
+ Mengubah teks link gambar menjadi thumbnail

Developer: cecekpawon



Facebook Smiley Kaskus


Code: http://userscripts.org/scripts/show/106778
Membuat Teks Biasa menjadi Kaskus Emote Di Facebook dengan tag default kaskus emote Bisa di pakai untuk chat ataupun wall



Kaskus Fix-ups


Code: http://userstyles.org/styles/41308/kaskus-fixups-by-s4nji
+ Mengganti tampilan kaskus (warna, lebar, dsb)
+ Menghilangkan mayoritas iklan

Developer: s4nji


Quote: !ATTENTION!
Script ini di-install memakai Stylish, bukan GreaseMonkey.
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar